Menteri PPN Kunker 5 Hari di Labuan Bajo, Ini Agendanya 

Labuan Bajo - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Labuan Bajo Manggarai Barat dalam rangka meninjau pembangunan infrastruktur untuk mendukung bangkitnya sektor pariwisata di daerah itu pada era kebiasaan baru.

Menteri PPN Suharso Monoarfa dan rombongan tiba di bandara Komodo Labuan Bajo, Kamis (16/7) siang, dijemput langsung oleh Gubernur NTT Viktor B Laiskodat dan Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BP4D) Manggarai Barat Drs. Fransiskus S. Sodo pada media center Manggarai Barat mengatakan seperti yang diinformasikan sesuai dengan jadwal kegiatan Menteri yang kami terima dari protokol Kementerian PPN bahwa Menteri PPN kunjungan ke Labuan Bajo pada tanggal selama 5 hari dari 16 s/d 20 Juli 2020 dengan beberapa agenda penting.

Dikatakannya, agenda kunjungan menteri Bappenas di Labuan Bajo selama lima hari dalam rangka meninjau kesiapan pemulihan ekonomi dan sosial Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas Nasional pada masa New Normal.

"begitu sampai di bandara Komodo, Menteri PPN bersama rombongan langsung meninjau proses pembangunan Puncak Waringin, peninjauan trotoar Premium sepanjang jalan Soekarno Hatta," ungkapnya.

Ditegaskannya, selama lima hari itu Kepala Bappenas akan mengelar rapat bersama Gubernur NTT, Bupati Manggarai Barat, dan juga sejumlah pejabat di daerah itu yang pembahasannya berkaitan dengan rencana pembangunan di Labuan Bajo yang merupakan kawasan wisata prioritas.

"Pak Menteri nanti akan mengelar rapat bersama dengan Pak Gubernur dan Bupati nanti. Tentunya berkaitan dengan pembangunan di daerah ini di sektor peningkatan ekonomi," ungkapnya.

Pada hari kedua yakni pada Jumat (17/7) Kepala Bappenas akan melakukan pertemuan dengan Gubernur NTT, Bupati Manggarai Barat, Direktur Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores serta Kepala Balai TN Komodo di Inaya Bay Komodo

Setelah itu peninjauan penyaluran bantuan sosial dan dialog dengan warga penerima BST di Kantor Pos Komodo di Labuan Bajo. Masih pada hari yang sama juga meninjau kesiapan penanganan dan protokol COVID-19 serta dialog dengan tenaga Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Puskesmas Labuan Bajo, RS Siloam dan RSUD di Labuan Bajo.

Di hari berikutnya, Kepala Bappenas dan Gubernur NTT dan Bupati Manggarai Barat dijadwalkan ke Pulau Kelor dalam rangka peninjauan rencana pembangunan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Pariwisata 2020 dan Long Pink Beach di Pulau Padar, Loh Buaya di Pulau Rinca, serta Pulau Kalong dalam rangka peninjauan kesiapan sektor pariwisata.

Sementara itu pada Minggu (19/7) Kepala Bappenas juga akan meninjau tempat Pelelangan Ikan (TPI) di kampung ujung, kemudian meninjau pembangunan di sejumlah lokasi pariwisata seperti pembangunan Area Wisata Batu Cermin dan berkunjung ke Desa Liang Ndara untuk memastikan kesiapan fisiknya.

Sementara pada hari terakhir yakni pada Senin (20/7) Menteri akan meninjau pembangunan Bandara Komodo yang nanti akan dibangun oleh Changi Airport dan Menteri PPN dan rombongan kembali ke Jakarta.